PARTIKULAT…………??????Kimia Lingkungan

Posted: May 5, 2011 in ARTIKEL ILMIAH KIMIA

Pendahuluan

Dalam ilmu kimia, terutama kimia lingkungan partikulat merupakan hal yang tidak asing dan sangat penting untuk dipelajari. Hal ini sejalan dengan  kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, dan banyaknya industri-industri yang didirikan, semakin besar pula dampak yang dirasakan seluruh makhluk hidup yang berada di sekitarnya. Sebagai contoh pengaruh dari semua ini adalah polusi, limbah industri dan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia khususnya bagi pekerja di industri tersebut dan bagi makhluk hidup yang berada di sekitarnya.

Debu merupakan salah satu bahan yang sering disebut sebagai partikel yang melayang di udara (Suspended Particulate Matter / SPM) dengan ukuran 1 mikron sampai dengan 500 mikron. Debu termasuk kedalam golongan partikulat. Yang dimaksud dengan partikulat adalah zat padat/cair yang halus, dan tersuspensi diudara, misalnya embun, debu, asap, fumes dan fog. Dalam Kasus Pencemaran udara baik dalam maupun di ruang gedung (Indoor and Out Door Pollution) debu sering dijadikan salah satu indikator pencemaran yang digunakan untuk menunjukan tingkat bahaya baik terhadap lingkungan maupun terhadap kesehatan dan keselamatan kerja.

Partikel debu akan berada di udara dalam waktu yang relatif lama dalam keadaan melayang layang di udara kemudian masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernafasan. Selain dapat membahayakan terhadap kesehatan juga dapat mengganggu daya tembus pandanng mata dan dapat mengadakan berbagai reaksi kimia sehingga komposisi debu di udara menjadi partikel yang sangat rumit karena merupakan campuran dari berbagai bahan dengan ukuran dan bentuk yang relatif berbeda beda.

Partikel di atmosfer dalam bentuk suspensi, yang terdiri atas partikel– partikel padat cair. Ukuran partikel dari 100 mikron hingga kurang dari 0,01 mikron. Terdapat hubungan antara ukuran partikel polutan dengan sumbernya. Partikel sebagai pencemar udara mempunyai waktu hidup yaitu pada saat partikel masih melayang-layang sebagai pencemar di duara sebelum jatuh ke bumi. Waktu hidup partikel berkisar antara beberapa detik sampai beberapa bula

Comments are closed.